Gulai Eungkot Paya

MASAKAN Aceh terkenal dengan dua rasa yang dominan: asam dan pedas. Dominasi bumbu kelapa gongseng dan ketumbar ditambah daun salam koja dan serei, akan terasa aduhai. Penggunaan banyak rempah kian menambah sedap ciri masakan khas Aceh. Dari keanekaragaman kuliner yang khas Aceh, ada satu masakan yang sangat terkenal. Namanya gulee eungkot paya. Rasa kuliner ini akan sampai ke saraf perasa di batang otak. Bila menghirup aromanya, akan langsung merangsang selera dari rasa yang bercampur aduk antara pedas, asam, kelat, dan pahit dari ujung lidah hingga menguap di kerongkongan. Pada kuliner edisi Sabtu ini, Azwani Awi akan membagikan resep eungkot paya khas Aceh khusus untuk pembaca.
GULE eungkot paya merupakan warisan kuliner masyarakat Aceh. Hingga sekarang, masakan ini masih mudah dijumpai. Rasanya yang gurih membuat eungkot paya banyak digemai warga Aceh. Kini, gulai tersebut menjadi trending topic perburuan kuliner khas Aceh.
Eungkot paya berarti ikan payau. Bahan baku gulai ini merupakan salah satu jenis ikan yang biasanya hidup di sungai atau rawa-rawa air tawar. Lazimnya digunakan ikan gabus atau dalam bahasa Aceh disebut eungkot bache. Ada juga yang menggunakan ikan lele yang disebut seungkoe, ataupun sepat serta kruep.
Menu satu ini, mempunyai cita rasa yang khas bila dimasak dengan resep Aceh. Diolah menggunakan bumbu rempah-rempah asli turunan indatu, ditambah lagi percampuran santan yang tak pekat tapi memberikan kesegaran bagi penikmatnya