Pantai Gapang

Pantai Gapang – Sabang

Pantai Gapang – Indonesia memiliki keindahan alam yang tidak kalah indahnya dibanding dengan Negara lain, akan tetapi sebagian besar masyarakat Negara Indonesia ini belum sepenuhnya tahu akan tempat wisata yang akan kita bahas kali ini, Pantai Gapang, itulah nama tempatnya.
Padahal, selain turis-turis yang berasal dari pulau sumatera, banyak juga turis yang berasal dari negara-negara lainnya, seperti Asia dan Eropa. Tapi entah kenapa tidak semua orang tahu tentang keindahan tempat ini.

Lokasi dan Transportasi
Pantai Gapang berada di kota Sabang, Pulau Weh, Nanggroe Aceh Darussalam. Pantai ini Berada tidak begitu Jauh dari Pantai Iboih, tentunya tidak ada masyarakat disana yang tidak tahu akan lokasi Pantai ini, kalau dari pusat Sabang berjarak 18 kilometer. Untuk sampai ke pulau Weh ini, anda bisa menyebrang dari Banda Aceh menuju ke Pelabuhan Balohan.
Setelah anda telah sampai di Sabang, tepatnya di Pelabuhan Balohan, ada beberapa pilihan angkutan umum yang bisa anda gunakan untuk berkeliling ke tempat-tempat wisata. Contohnya taksi, minibus, bentor (becak motor), dan ojek. Untuk taksi, ini bukanlah taksi seperti yang anda bayangkan, taksi disini lebih seperti angkot, atau mobil angkutan umum biasanya, karena angkutan ini juga mengangkut penumpang lain seperti halnya angkot.
Namun bedanya rute yang di tempuh sesuai berdasarkan tempat yang ingin di tuju sang penumpang seperti halnya taksi. Jenisnya juga bermacam-macam, ada Sedan, Kijang lgx, dan ada juga L-300. Untuk harga, masing-masing alat transportasi tersebut memiliki tarif yang berbeda-beda.
Harganya di tentukan juga berdasarkan seberapa jauh jarak untuk mencapai lokasi tujuan anda. Biasanya, jika anda naik taksi dari Pelabuhan Balohan, ongkos normalnya adalah Rp 50.000*) per orangnya.

Wisata
Pantai Gapang adalah pantai yang sangat indah, Pantai ini juga masih terjaga kealamiannya, pemandangan laut yang memanjakan mata akan langsung terlihat begitu anda memasuki kawasan Pantai Gapang ini.
Langit dan Lautnya seakan lukisan indah yang terpampang di depan mata anda, anda juga akan merasakan angin laut yang sejuk menerpa wajah, serta pohon-pohon yang menari-nari gembira tatkala teriup oleh hembusan angin. Tahukah kalian semua kenapa Pantai ini di beri nama Pantai Gapang? Itu karena disekitar ini banyak sekali pohon-pohon yang bernama gapang.
Pantai Gapang ini juga sangat digemari oleh turis-turis yang kebanyakan datang dari eropa karena fasilitasnya-fasilitasnya yang sangat lengkap seperti misalnya ada banyak resort yang bisa anda gunakan untuk menginap dengan harga terjangkau namun fasilitas yang oke punya.
Lalu disekitar sana juga sudah ada restoran-restoran yang pasti seleranya cocok di lidah anda, jadi anda tidak perlu lagi pergi jauh-jauh hanya untuk mencari bekal makan siang anda, sangat praktir bukan.
Pantai Gapang ini juga memiliki beberapa spot-spot yang amat cocok untuk olahraga snorkeling dan menyelam. Air lautnya yang biru dan jernih membuat anda bisa melihat isi kedalaman laut dengan baik, disekitar areal Pantai Gapang ini juga terdapat beberapa toko alat-alat selam, dimana anda bisa menyewa boat, peralatan menyelam beserta tabung oksigennya, bagi anda yang masih pemula jangan takut, karena anda bisa menggunakan jasa guide yang juga tersedia di toko ini, sangat lengkap bukan.
Disamping itu disekitar sini juga terdapat beberapa toko-toko kecil yang menjual souvenir, jadi anda tidak perlu jauh-jauh lagi membeli souvenir di pusat kota untuk mencari tokonya, harganya juga sama saja. karena itulah kenapa Pantai yang diberi nama Pantai Gapang ini menjadi favorit para wisatawan, terutama para backpacker, apalagi masuk ke areal pantai ini gratis, alias tidak di pungut biaya masuk sama sekali.

Tips

1. Jika anda suka akan kerajinan, pasir dari pantai ini sangat putih bersih, bisa anda menggunakannya untuk hiasan didalam botol, ataupun hiasan dekorasi di rumah anda. Anda juga bisa mencari kerang-kerang disana sebagai tambahan hiasan.
2. Bagi anda yang suka berjemur, mungkin ini bukanlah masalah, tapi bagi anda yang takut kulit anda terbakar, bisa menggunakan sunblock sebelum berkunjung ke Pantai Gapang ini, karena memang sinar mataharinya amat menyengat.
3. Yang paling penting tentunya adalah peralatan, bagi anda yang suka olahraga menyelam ataupun snorkeling, dan surfing, ada baiknya jika anda tidak terlalu tergesa-gesa untuk menyelam. Sebelumnya pastikan bahwa peralatannya sudah lengkap dan aman, dan kalau ini adalah pengalaman pertama anda, lebih baik anda pergi bersama orang yang lebih ahli, hanya untuk berjaga-jaga kalau terjadi hal yang tidak diinginkan.
4. Terakhir, Jangan lupa untuk membeli cinderamata atau souvenir sebagai oleh-oleh, anda bisa menemukan beberapa toko yang tidak begitu jauh letaknya dari kawasan Pantai Gapang ini, jangan lupa juga untuk mencicipi makanan khas di kota Sabang tersebut

Bagaimana? Tertarik bukan untuk berlibur ketempat ini, jangan dilewatkan, Pantai ini tidak kalah indahnya dari pantai lain, lagi pula anda tidak perlu merogoh kocek terlalu banyak, liburan disini sangat cocok bagi para backpacker tentunya, dan juga bagi anda yang ingin liburan hemat, cobalah untuk berlibur ke Pantai Gapang ini, begitu pulang, anda pasti tidak sabar untuk segera kembali lagi ke Pantai ini.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Video